Penerbit Al Quran,Percetakan al Quran,al Quran terjemah,al Quran tanpa terjemah,Al Quran Perkata,Al Quran Tajwid,Al Quran untuk Wakaf
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
25 September 2018
Pentingnya Huruf Hijaiyah Ketika Belajar Alquran
Ada tiga kunci membaca Alquran. Pertama mengenali hurufnya, kedua pengenalan tanda-tanda bacanya, lalu ketiga tajwid. detail

24 September 2018
4 Makna Kehidupan Menurut Alquran | Penerbit Alquran
4 makna kehidupan menurut Alquran | Penerbit Alquran detail

21 September 2018
Mengenal Ilmu Asbabun Nuzul Alquran
Penjelasan singkat mengenai ilmu asbabun nuzul detail

20 September 2018
10 Balasan yang Kita Dapatkan Ketika Membaca Alquran | Penerbit Alquran
Sebagai muslim bukankah kita ingin mendapat ganjaran berupa pahala ketika membaca Alquran? Maka dari itu teruslah membacanya, bacalah dengan tartil dan perlahan. | penerbit Alquran detail

» index berita
Others
Others
Others

5 Adab Dalam Membaca Al Quran


13 Agustus 2018

Kita sebagai Muslim, menyadari betul bahwa Al-Quran adalah Kalam Allah yang diturunkan pada Rasulullah SAW Muhammad melalui salah satu malaikatnya yaitu Jibril. Al-Quran memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan kitab yang lainnya. Yakni membacanya saja sudah termasuk ibadah.

Ibnu Mas’ud mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Siapa yang membaca satu huruf saja dari Kitab Allah (yaitu Alquran), maka ia akan mendapat satu kebaikan yang jumlahnya sama dengan 10 kali pahala. Aku tak mengatakan bahwa alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Karena keagungan dan kemuliaannya itulah, maka sebagai ummat Islam perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membaca dan mentadaburi Al-Quran. Supaya pahala yang didapatkan lebih afdhol dan sempurna sebagai bentuk perwujudan kita pada Allah sang pemilik kalam.

Perhatikan beberapa adab membaca Al-Quran menurut Imam an-Nawawi dalam kitab al-Tibyan fi adabi Hamalatil Quran:

Pertama, upayakan dalam keadaan suci (wudhu)

Seorang yang ingin membaca Al-Quran dianjurkan untuk selalu dalam keadan suci (berwudhu) maupun tidak berhadas besar. Selain itu upayakan agar badan, pakain dan tempat ketika membacanya bersih dari hadas serta najis. Kalaupun tak menemukan air maka bisa bertayamum.

Kedua, membaca Taawudz

Sebelum melantunkan ayat Al-Quran disunnahkan membaca taawudz terlebih dahulu. Supaya kita selalu terlindung oleh Allah kala membacanya, juga agar terhindar dari sifat-sifat yang dibenci seperti ujub dan riya yang mudah menyusup kedalam hati-hati manusia.

Allah SWT berfirman

Jika engkau hendak membaca Al-Quran maka mintalah perlindungan kepada Allah dari syaithan yang terkutuk.”

(Surat An-Nahl ayat 98)

Lafadz bacaan taawudz yang sudah disepakati jumhur ulama:


ِأَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم

Audzubillahi minasy syaithanirrajim


Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk”

Ketiga, membaca dengan teliti dan tartil


Tartil jika merujuk secara bahasa artinya perlahan-lahan, sementara menurut istilah yaitu cara membaca Al-Quran yang sesuai dengan hukum-hukum baca yang sudah ditetapkan dalam Al-Quran.

Beberapa ulama menghukumi makruh apabila membaca Al-Quran terlalu cepat tanpa memperhatikan setiap huruf dan hukum-hukum bacaannya.

Ditegaskan melalui firman-Nya dalam surah al-Muzzamil ayat 4:

Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan”.

Dan juga diterangkan dalam hadis mauquf yang diriwayatkan Ibnu Abbas RA:

Aku lebih suka membaca satu surat dengan tartil daripada seluruh surat dalam Al-Quran tapi tidak tartil”.

Keempat, mentadabburi dan menghayati kandungan-kandungan isi dalam ayat Al-Quran

Hal terpenting dalam membaca Al-Quran tiada lain adalah memahami maksud kandungan ayat yang dibaca, sehingga nantinya dapat kita amalkan dalam keseharian kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga: Penerbit Alquran

Maka salah satu metode efektif agar kita mengerti dan memahami maksudnya adalah dengan mentadabburi dan menghayati setiap ayat yang dibaca dengan khusu’.

Allah SWT dalam surat Shaad ayat 29 berfirman;

Kitab Al-Quran yang kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ayat-ayatnya …”.

Kalaupun belum mengerti bahasa arab, maka kita bisa membaca tafsir atau terjemahnya untuk membantu kita dalam memahami ayat-ayat Allah.

Kelima, mengamalkan kandungan Al-Quran dalam keseharian

Adab yang kelima bukan lagi sebuah anjuran, namun merupakan kewajiban bagi umat Islam untuk mengamalkan Al-Quran setelah membacanya.

Terdapat hadis Rasulullah SAW tentang mimpi (dua malaikat) yang didalamnya disebutkan sabda beliau, “keduanya berkata ‘bertolaklah pergi’. Lalu kami pun pergi berlalu hingga kami mendatangi seorang laki-laki yang berbaring diatas tengkuknya dan seorang laki-laki lainnya berdiri disamping kepalanya dengan (memegang) palu godam, lalu dia memecahkan kepalanya dengannya.

Maka aku bertanya, ‘Siapa orang ini?’. (Malaikat itu berkata). ‘Adapun orang yang engkau lihat dipecahkan kepalanya maka dia itu adalah seorang laki-laki yang Allah ajarkan Al-Quran kepadanya, namun dia tidur di malam tapi tidak mengamalkannya kala siang. Siksa seperti itu akan dilakukan padanya sampai hari kiamat tiba.’ (HR. Bukhari)

Itulah barangkali lima adab yang mesti diperhatikan sebelum serta sesudah membaca Al-Quran, kami mengajak umat Islam untuk melaksanakan adab-adab tersebut agar nilai ibadah yang diperoleh menjadi lebih sempurna. Semoga kita termasuk hamba Allah ada dalam lindungan-Nya. Amin.

Wallahu A’lam.



Baca juga
  » 25 September 2018
Pentingnya Huruf Hijaiyah Ketika Belajar Alquran
Ada tiga kunci membaca Alquran. Pertama mengenali hurufnya, kedua pengenalan tanda-tanda bacanya, lalu ketiga tajwid.

  » 24 September 2018
4 Makna Kehidupan Menurut Alquran | Penerbit Alquran
4 makna kehidupan menurut Alquran | Penerbit Alquran

  » 21 September 2018
Mengenal Ilmu Asbabun Nuzul Alquran
Penjelasan singkat mengenai ilmu asbabun nuzul

  » 20 September 2018
10 Balasan yang Kita Dapatkan Ketika Membaca Alquran | Penerbit Alquran
Sebagai muslim bukankah kita ingin mendapat ganjaran berupa pahala ketika membaca Alquran? Maka dari itu teruslah membacanya, bacalah dengan tartil dan perlahan. | penerbit Alquran

  » 19 September 2018
Pendidikan Anak dalam Alquran Surat Luqman | penerbit al quran indonesia
Alquran banyak menceritakan kisah tentang nabi-nabi. Tetapi ada juga ayat Alquran yang menceritakan tentang hamba-hamba sholeh, salah satunya Luqman | penerbit al quran indonesia

Others
Search
Search:
Product Scroller
Information
Pembayaran
BCA

No. Rekening BCA 2830344953

a.n. Hendra Setiawan


Testimonial
akhwat
Quran bagus,harga tidak mahal.recomended

dini noviyanti
[URL]
Saya sudah membeli beberapa jenis Al-Quran di Penerbit Jabal. Saya merasa puas karena kemasan dan isinya menarik, khususnya bagi saya sebagai muslimah.

» lihat testimonial
» isi testimonial
USD Calc
US$ x Rp. 11,500 =
Rp.