Penerbit Alquran, Percetakan Alquran, Alquran terjemah, Alquran tanpa terjemah, Alquran Perkata, Alquran Tajwid, Alquran untuk Wakaf, Grosir Alquran, Alquran Cantik, Alquran Muslimah, Alquran Pelangi
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
6 April 2020
Pembagian 500 Botol Sabun Cuci Tangan & 500 Masker Kain
Pembagian sabun ini dari keuntungan penjualan Al-Qur'an Jabal. detail

3 April 2020
Tenangkan Hati dengan Membaca AlQuran
4 Ayat yang Bisa Menenangkan Hati detail

26 Maret 2020
Tafsir Alquran: al-Baqarah Ayat 155-156 | Menghadapi Pandemi Corona
Menghadapi Covid-19 tidak bisa sembarangan. Yang ahli silakan bicara dan bertindak dari sisi teknis, sedangkan yang tidak ahli, lebih baik bicara dan bertindak dengan bahasa kemanusiaan. detail

18 Maret 2020
Bijak Menyikapi Virus Corona
Cara Menyikapi Virus Corona detail

» index berita
Others
Others
Others

AlQuran Lebih Banyak Mengisahkan Nabi Musa AS


16 Maret 2020

Banyak ummat yang menduga Nabi Muhammad SAW adalah Nabi yang paling banyak diceritakan dalam Alquran. Karena Alquran adalah mukjizat yang hanya diberikan pada Rasulullah SAW. Namun faktanya, Nabi Musa-lah yang kisahnya paling banyak muncul dalam Alquran. Nabi Musa disebut bahkan lebih dari 120 kali dalam kitab suci Alquran.

Kisah Nabi Musa AS ini diceritakan dalam berbagai surah dengan sangat terperinci. Jika kita lihat dengan detail, kisah Nabi Musa AS muncul dalam surat Al-Baqarah, Al-A’raf, Thaha, dan al-Qashas. | Penerbit Alquran

Lalu pertanyaannya, mengapa kisah nabi Musa-lah yang paling banyak disebutkan dalam Alquran?

Jika kita perhatikan ayat-ayat Alquran dengan seksama, rupanya ada tiga penyebab mengapa demikian. Penyebab pertama, karena Musa AS adalah nabi yang terbanyak menerima ujian. Allah menyebutkan bahwa Nabi Musa adalah nabi yang terbanyak memiliki cobaan.

Aku akan mengujimu dengan berbagai macam ujian.” (QS. Thaha: 40)

Nabi Musa AS semenjak lahir mengalami kesulitan dalam hidupnya, beliau terlahir ketika Fir’aun masih berkuasa. Fir’aun adalah raja yang zalim, Ia menyebut dirinya sendiri sebagai tuhan. Sebagaimana yang tercantum dalam Surat An-Nazi’at Ayat 24.

Akulah tuhanmu yang paling tinggi ” (QS. An-Nazi’at Ayat 24)

Kala itu, keturunan Yahudi dan Bani Israel sedang berada pada titik terendah, kebanyakan dari mereka menjadi budak dan pelayan.

Dalam kondisi sosial yang tidak menguntungkan tersebut, Nabi Musa harus menghadapi cobaan berat karena mesti menghadapi Firaun serta membimbing Bani Israil yang keras kepala.

Kisah Nabi Musa AS ini banyak disebutkan dalam Al Quran supaya menjadi Ibroh bagi seluruh umat islam. Dikarenakan kisah Nabi Musa AS bukan hanya berhubungan dengan dirinya sebagai pribadi, tapi berhubungan juga dengan kaum yang diselamatkannya dari penguasa yang lalim nan zalim.

Penyebab Kedua, karena sejarah Nabi Musa AS menyerupai dengan sejarah Nabi Muhammad SAW. Karenanya Nabi Musa AS mendapatkan perhatian istimewa di dalam Al Qur’an.

Apa yang dialami bangsa Israel terjadi pula pada ummat Nabi Muhammad. Dalam kehidupan Nabi Musa AS, Firaun adalah penguasa dengan rezim tirani nan bengis. Sama halnya dengan suku Quraisy karena menganiaya para budak dan orang yang lemah ketika zaman Nabi Muhammad SAW.

Penyebab yang ketiga, pengalaman hidup Nabi Musa AS memberi manfaat berupa ibrah bagi umat Islam. Salah satunya agar kita tidak mencontoh sifat dan perilaku Bani Israil yang keras kepala.

Bani Israil begitu keras kepalanya hingga mereka berdebat tentang sapi. Kala itu Bani Israil Allah perintahkan untuk menyembelih seekor sapi, namun mereka berbantah-bantahan dan menanyakan spesifikasi sapi tersebut, akibatnya mereka sendirilah yang kerepotan. Kisah ini mengajarkan umat Islam untuk senantiasa menghindari perdebatan yang sifatnya tidak penting, seperti yang dilakukan Bani Israil tersebut.

Demikianlah kira-kira alasan mengapa Nabi Musa AS justru lebih banyak diceritakankan dalam Al Quran dibanding dengan kisah Nabi Muhammad SAW.

Pertama, karena Nabi Musa AS terbanyak yang mengalami ujian. Kedua, Nabi Musa AS punya kesamaan kisah dan perjuangan dengan Nabi Muhammad SAW. Persamaannya, Nabi Musa AS dan Nabi Muhammad SAW sama-sama melakukan perjuangan untuk membebaskan ummat dari tirani penguasa zalim. Sedangkan yang ketiga, Supaya umat islam jangan keras kepala dan melakukan perdebatan yang sifatnya tidak penting seperti Bani Israil yang dikisahkan dalam Alquran.

Wallahu a’lam.


Kontak Penerbit Jabal

HP/WA: 087777500661 / 085315129995
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Jl. Desa Cipadung No 47
Cibiru Bandung
Jawa Barat, Indonesia

Penerbit alquran terbaik, penerbit alquran, nabi musa, grosir alquran, alquran murah, agen quran, toko alquran, dropship alquran, reseller alquran. 



Baca juga
  » 6 April 2020
Pembagian 500 Botol Sabun Cuci Tangan & 500 Masker Kain
Pembagian sabun ini dari keuntungan penjualan Al-Qur'an Jabal.

  » 3 April 2020
Tenangkan Hati dengan Membaca AlQuran
4 Ayat yang Bisa Menenangkan Hati

  » 26 Maret 2020
Tafsir Alquran: al-Baqarah Ayat 155-156 | Menghadapi Pandemi Corona
Menghadapi Covid-19 tidak bisa sembarangan. Yang ahli silakan bicara dan bertindak dari sisi teknis, sedangkan yang tidak ahli, lebih baik bicara dan bertindak dengan bahasa kemanusiaan.

  » 18 Maret 2020
Bijak Menyikapi Virus Corona
Cara Menyikapi Virus Corona

  » 13 Maret 2020
Al Quran Custom Cover & Nama
Penerbit Jabal menerima pemesanan Alquran dengan custom cover. Boleh diganti dengan judul yang dikendaki.

Others
Search
Search:
Product Scroller
Information
Pembayaran
BCA

No. Rekening BCA 2830344953

a.n. Hendra Setiawan


Testimonial
akhwat
Quran bagus,harga tidak mahal.recomended

dini noviyanti
[URL]
Saya sudah membeli beberapa jenis Al-Quran di Penerbit Jabal. Saya merasa puas karena kemasan dan isinya menarik, khususnya bagi saya sebagai muslimah.

» lihat testimonial
» isi testimonial
USD Calc
US$ x Rp. 11,500 =
Rp.