Penerbit Alquran, Percetakan Alquran, Alquran terjemah, Alquran tanpa terjemah, Alquran Perkata, Alquran Tajwid, Alquran untuk Wakaf, Grosir Alquran, Alquran Cantik, Alquran Muslimah, Alquran Pelangi
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
19 Juli 2019
Mengenal Ilmu Asbabun Nuzul Alquran
Penjelasan singkat mengenai ilmu asbabun nuzul detail

10 Juli 2019
Al-Quran Penuh dengan Etika serta Sastra, Ini Contoh-contohnya!
Etika dan Sastra dalam Alquran. detail

5 Juli 2019
Mushaf Al-azhar Al-quran Terjemah A5
Review Al-Azhar A5 detail

2 Juli 2019
Mushaf Al-Hikmah Al-Quran Tanpa Terjemah Ukuran A4
Review Mushaf Al-Hikmah Ukuran A4 detail

» index berita
Others
Others
Others

Penerbit Alquran di Indonesia | Fakta Ilmiah Alquran Bagian Kedua


27 Agustus 2018

Penerbit Alquran di Indonesia pernah membahas tentang fakta ilmiah alquran. Artikel ini membahas tema yang serupa tapi fakta ilmiahnya berbeda, simak fakta ilmiah Alquran apa saja yang telah terbukti secara ilmiah di bawah ini:

1. Fakta ilmiah Alquran Mengenai Tahapan Penciptaan Manusia | Penerbit Alquran di Indonesia

Dalam Alquran Allah menjelaskan secara terang-terangan tepatnya dalam surat Az Zumar ayat 6 bahwa manusia itu dalam rahim ibunya diciptakan, yang kemudian dibagi menjadi tiga tahap.

Dia (Allah) menciptakan kamu seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?

Perkembangan ilmu pengetahuan khususnya Biologi modern. Sudah berhasil mengungkap ayat diatas sebagai salah satu petunjuk.

Tumbuh kembang bayi dalam rahim memasuki tiga tahapan yang dalam Alquran disebut dengan “tiga fase kegelapan.

Sengaja Alquran memakai kata ‘kegelapan’ karena faktanya proses penciptaan manusia dalam perut ibu itu terjadi di rahim yang gelap gulita. | Penerbit Alquran di Indonesia

Tahap-tahapnya yaitu;

Pertama, tahapan Pre-embrionik, zigot membesar dan tumbuh melalui proses pembelahan sel, yang kemudian berubah jadi segumpalan sel yang menyatu membenamkan diri ke dinding rahim. Seiring zigot yang tumbuh, susunan sel-selnya mengatur diri mereka sendiri lalu membentuk tiga lapisan.

Kedua, tahapan Embrionik pada fase ini berlangsung kurang lebih lima setengah minggu. Bayi pada fase ini disebut dengan “embrio”. Organ-organ dan sistem dalam tubuh bayi pun mulai terbentuk.

Ketiga, tahap fetus. Pada fase ini yaitu sejak kehamilan 8 bulan hingga melahirkan. Pada tahap ini sang bayi sudah seperti layaknya manusia normal, ada wajah, kedua tangan dan kakinya.

2. Fakta Alquran Mengenai Jenis Kelamin Bayi | Penerbit Alquran di Indonesia

Fakta tentang jenis kelamin bayi

Pada abad ke-20 hasil temuan ilmu genetika menerangkan bahwa kelamin seorang bayi itu sangat ditentukan oleh isi air mani (sperma) dari pria.

Dalam air mani pria itu ada kromosom x yang isinya membawa sifat-sifat kewanitaan. Serta kromosom y isinya membawa sifat kelaki-lakian.

Sebaliknya dalam sel telur wanita hanya ada kromosom x saja yang isinya membawa sifat-sifat kewanitaan. Intinya kelamin seorang bayi itu sangat tergantung pada sperma yang membuahi, berkromosom x atau y. Penerbit Alquran di Indonesia

Allah sudah menjelaskan perihal fakta ilmiah ini dalam Alquran sejak ribuan tahun yang lalu. Dalam surat An Najm ayat 45-46.

Dialah (Allah) yang menciptakan (manusia) berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani, apabila dipancarkan.”

Sebelum penemuan fakta ilmiah ini, masyarakat beranggapan penentu jenis kelamin itu asalnya dari wanita.

3. Fakta Ilmiah Alquran Perihal Sidik Jari | Penerbit Alquran di Indonesia

Tiap-tiap manusia mepunyai penanda unik berupa sidik jari yang berbeda antara satu dengan lainnya. Keunikan perhal sidik jari ini nyatanya baru ditemukan di abad 19. Sebelum penemuan sidik jari, tangan kita hanya dianggap sebagai lengkungan biasa yang tak berarti.

Allah menjelaskan dalam Alquran tepatnya surat Al Qiyaamah ayat 3-4 bahwa Dia mampu menyatukan tulang belulang kembali orang yang meninggal, bahkan mampu menyusun ujung-ujung jarinya kembali dengan layak dan sempurna.

Bunyi surat QS Al Qiyamah ayat 3-4:

Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?”

Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.”

Demikianlah fakta-fakta ilmiah Alquran bagian kedua yang kami bahas, mudah-mudahan Allah menambah keimanan kita. Aamiin Ya Robbal Alamin



Baca juga
  » 19 Juli 2019
Mengenal Ilmu Asbabun Nuzul Alquran
Penjelasan singkat mengenai ilmu asbabun nuzul

  » 10 Juli 2019
Al-Quran Penuh dengan Etika serta Sastra, Ini Contoh-contohnya!
Etika dan Sastra dalam Alquran.

  » 5 Juli 2019
Mushaf Al-azhar Al-quran Terjemah A5
Review Al-Azhar A5

  » 2 Juli 2019
Mushaf Al-Hikmah Al-Quran Tanpa Terjemah Ukuran A4
Review Mushaf Al-Hikmah Ukuran A4

  » 27 Juni 2019
Lalat dan Lebah dalam Alquran
Al-Qur’an sering menceritakan tentang hewan ataupun serangga.

Others
Search
Search:
Product Scroller
Information
Pembayaran
BCA

No. Rekening BCA 2830344953

a.n. Hendra Setiawan


Testimonial
akhwat
Quran bagus,harga tidak mahal.recomended

dini noviyanti
[URL]
Saya sudah membeli beberapa jenis Al-Quran di Penerbit Jabal. Saya merasa puas karena kemasan dan isinya menarik, khususnya bagi saya sebagai muslimah.

» lihat testimonial
» isi testimonial
USD Calc
US$ x Rp. 11,500 =
Rp.