Penerbit Al Quran,Percetakan al Quran,al Quran terjemah,al Quran tanpa terjemah,Al Quran Perkata,Al Quran Tajwid,Al Quran untuk Wakaf
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
19 November 2018
Jangan Mengeluh di Hari Senin, Ini Keistimewaannya | Penerbit Alquran Jabal
Mengapa hari senin spesial? simak artikel ini | Penerbit Alquran Jabal detail

16 November 2018
Tafsir Surat Al-Kahf Menurut Sayyid Qutb | Alquran Tafsir Perkata
Membaca surat al-Kahf di hari Jumat memang sebuah keutamaan, namun perlu juga memahami isi dan kandungan tersebut melalui penafsiran Sayyid Qutb berikut. | Alquran Tafsir Perkata detail

15 November 2018
Promo Alquran Maulid Nabi
Dalam rangka Maulid Nabi, penerbit Alquran Jabal mengadakan promo menarik. detail

14 November 2018
Sebar Wakaf Alquran Jabal di Lombok
Video dokumentasi sebar wakaf Penebit Alquran Jabal detail

» index berita
Others
Others
Others

Alquran Terjemahan dan Tafsir | Cara Memahami Tafsir Alquran


4 September 2018

Alquran terjemahan dan tafsir

Alquran Terjemahan dan Tafsir

Alquran diturunkan pada Nabi Muhammad Saw dengan perantraan malaikat Jibril di tanah Arab dengan bahasa Arab dan beragam kekayaannya. | Alquran Terjemahan dan Tafsir

Silahkan Kunjungi: Mushaf Terjemahan dan Tafsir

Baca Juga:

Isi dalam Alquran terdapat pemahaman tentang dasar-dasar aqidah yang benar, kaidah-kaidah syar’i, adab-adab berperilaku, serta menjadi tuntunan agar manusia kembali ke jalan yang lurus baik dalam berpikir maupun beramal.

Tetapi, Allah Swt tidak merinci semua permasalahan-permasalahan yang ada di dunia makanya Tafsir Alquran banyak dibutuhkan oleh ummat, apalagi kita akan menemukan susunan kalimat yang singkat namun sebetulnya pemaknaanya sangat luas.

Dalam lafazh/kalimat yang sedikit itu bisa termaknai sekian banyak arti. Karenanya perlu penjelasan-penjelasan konfrehensif berupa tafsir Alquran. | Alquran Terjemahan dan Tafsir

Tafsir asal katanya dari al-fusru yang memiliki arti al-ibanah wa al-kasyf (menyingkap dan menjelaskan sesuatu). Sebagaimana dijelaskan dalam surat Alfurqan ayat ke 33, “wa laa ya’ tuunuka bimatsalin illa ji’ naaka bil haqqi wa ahsana tafsiirin.”

Sedangkan dalam pengertian terminologi, tafsir adalah satu cabang ilmu dalam memahami ayat Alquran, menerangkan makna-maknanya, serta menyimpulkan hukum dan hikmah-hikmahnya (Al-Hafizh As-Suyuthi dari Al-Imam Az-Zarkasyi)

Ulama besar Imam Ibnu Katsir (700-774 H) menjelaskan cara terbaik dalam memahami dan menafsirkan ayat Alquran yaitu dengan cara:

Pertama, menafsirkan ayat Quran dengan ayat lainnya.

Sungguh jika kita perhatikan antara satu ayat dengan ayat lainnya kadang-kadang ada keterkaitan satu sama lain serta saling menjelaskan, apa yang kurang jelas pada satu ayat biasanya dijelaskan pula pada bagian lainnya.

Umat Islam sebaiknya menafsirkan terlebih dulu ayat Alquran dengan merujuk pada firman Allahsehingga kita dapat memahami maksud dan kehendak-Nya yang tertera. Sebab hanya Allah-lah yang mengetahui apa yang dimaksud ayat-ayat tersebut.

Kedua, Apabila tidak kita temukan penjelasan yang lebih terperinci mengenai ayat dalam Alquran, maka langkah selanjutnya dalam menafsirkan Alquran yaitu dengan mencari penjelasan dari Hadits dan Sunnah Rasulullah Saw.

Nabi Muhammad Saw merupakan Rasul Allah yang tugasnya menyampaikan wahyu pada manusia. Karenanya beliau lebih memahami maksud dan kehendak Sang Pencipta. | Alquran Terjemahan dan Tafsir

Allah sudah menjamin bahwa Nabi Muhammad tak akan pernah berbuat dan mengucapkan sesuatu yang keluar dari hawa nafsunya. Karena beliau dibimbing oleh wahyu.

Karena itu, dalam menafsirkan ayat-ayat suci tentu pilihan selanjutnya yaitu dengan merujuk pada sunnah-sunnah Nabi.

Sebagaimana firman Allah SWT “…Agar kamu terangkan kepada ma nusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan agar mereka berpikir.”(QS.An-Nań•l [16]: 44)

Allah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan jiwa mereka, dan mengajarkan Kitab dan Hikmah (Sunnah) kepada mereka meskipun sebelumnya mereka dalam kesesatan nyata.” (QS. Al-Jumu‘ah [62]: 2).

Yang dimaksud dari kalimat “mengajarkan ayat-ayatnya kepada mereka” yaitu menjelaskan apa saja makna-makna dan hukum-hukumnya.

Ketiga, kalaupun kita tidak menemukan penjelasan dari ayat-ayat Alquran dalam sunah Rasulullah Saw., maka langkah selanjutnya yaitu menafsirkan Alquran dengan merujuk pendapat para sahabat.

Apa itu Sahabat?

Sahabat adalah umat Islam bertemu langsung dengan baginda Rasulullah Saw. Para sahabat tersebut menyaksikan/hadir dalam proses turunnya Alquran kepada Rasulullah Saw. Serta mengetahui sebab-sebab terjadinya penurunan ayat Alquran.

Mereka adalah generasi yang lebih paham dalam perihal bahasa-bahasa dalam Alquran, sebab Alquran diturunkan dengan bahasa Arab, bahasa ibu mereka.

Lebih penting dari semua itu, mereka sudah beriman pada Allah dan Rasul-Nya, yakin pada isi kandungan dan makna dalam Alquran, serta serius ketika merenungi makna-maknanya, dan lagi kemudian mereka konsisten mengamalkan isinya sepanjang hayat.

Keempat, Apabila tidak menemukan penjelasan baik dari sunnah Nabi maupun sahabat Rasulullah Saw. Langkah selanjutnya yaitu kita cari penjelasan dari para tabi’in.

Apa itu Tabi’in?

Tabi’in yaitu murid dari sahabat Rasulullah Saw. Nabi Muhammad sendiri pun menyatakan bahwa mereka merupakan angkatan terbaik setelah angkatan sahabat.

Sabda Rasulullah, “Sebaik-baik zaman adalah zamanku, kemudian zaman sesudahku, kemudian zaman sesudahya lagi.” (HR.Muslim dari Abdullah, Sahih Muslim, Fadhoilu al-Shahabat, vol.II, hal.503, Daar el-Fikr).

Merujuk pada hadits di atas maka tafsir mereka jauh lebih layak kita gunakan setelah tafsir para sahabat. | Alquran Terjemahan dan Tafsir

Kesimpulan

Bisa kita simpulkan bahwa cara yang terbaik ketika menafsirkan ayat Alquran yaitu:

  • Menafsirkan dengan ayat lainnya
  • Menafsirkan dengan sunnah dan hadits Nabi
  • Tafsir dari para sahabat
  • Tafsir Tabi’in

Kalaupun tidak dapatkan penafsiran para tabi’in, maka boleh untuk ijtihad

Ijtihad yaitu mencurahkan semua potensi intelektual kita untuk memahami ayatNya).

Wallahu A’lam



Baca juga
  » 19 November 2018
Jangan Mengeluh di Hari Senin, Ini Keistimewaannya | Penerbit Alquran Jabal
Mengapa hari senin spesial? simak artikel ini | Penerbit Alquran Jabal

  » 16 November 2018
Tafsir Surat Al-Kahf Menurut Sayyid Qutb | Alquran Tafsir Perkata
Membaca surat al-Kahf di hari Jumat memang sebuah keutamaan, namun perlu juga memahami isi dan kandungan tersebut melalui penafsiran Sayyid Qutb berikut. | Alquran Tafsir Perkata

  » 15 November 2018
Promo Alquran Maulid Nabi
Dalam rangka Maulid Nabi, penerbit Alquran Jabal mengadakan promo menarik.

  » 14 November 2018
Sebar Wakaf Alquran Jabal di Lombok
Video dokumentasi sebar wakaf Penebit Alquran Jabal

  » 13 November 2018
Jual Alquran Hafalan Muslimah
Jual Alquran Hafalan Muslimah Penerbit Jabal

Others
Search
Search:
Product Scroller
Information
Pembayaran
BCA

No. Rekening BCA 2830344953

a.n. Hendra Setiawan


Testimonial
akhwat
Quran bagus,harga tidak mahal.recomended

dini noviyanti
[URL]
Saya sudah membeli beberapa jenis Al-Quran di Penerbit Jabal. Saya merasa puas karena kemasan dan isinya menarik, khususnya bagi saya sebagai muslimah.

» lihat testimonial
» isi testimonial
USD Calc
US$ x Rp. 11,500 =
Rp.