Penerbit Al Quran,Percetakan al Quran,al Quran terjemah,al Quran tanpa terjemah,Al Quran Perkata,Al Quran Tajwid,Al Quran untuk Wakaf
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
15 Oktober 2018
Makruh Membaca Alquran dalam Empat Kondisi Ini
Mentadaburi Alquran sangatlah dianjurkan. Akan tetapi hukumnya menjadi makruh apabila dilakukan dalam empat kondisi ini. detail

11 Oktober 2018
Waktu-waktu yang Paling Dianjurkan ketika Membaca Alquran | Alquran dan Terjemahan
Mentadaburi Alquran bisa kita lakukan kapan saja, akan tetapi menurut pandangan para ulama ada beberapa waktu khusus yang sebaiknya digunakan untuk membaca Alquran. detail

10 Oktober 2018
Tafsir Alquran Surat At-Tin
Artikel kali ini akan membahas tafsir alquran Q.S At-Tiin 1-3. Dalam Surat ini ada hal-hal yang menarik untuk kita simak. | Penerbit Alquran detail

9 Oktober 2018
Makna dan Kandungan Surat Al-Fatihah dalam Alquran
Kandungan pokok yang ada dalam surat al-fatihah diantaranya sebagai berikut. detail

» index berita
Others
Others
Others

Mengenal Ilmu Asbabun Nuzul Alquran


21 September 2018

Mengenal Ilmu Asbabun Nuzul Alquran

Para ulama Jumhur menjelaskan perihal Asbabun-Nuzul ini. Dalam ilmu Alquran salah satunya adalah ilmu Asbabun Nuzul. Merupakan ilmu yang membahas sebab-sebab mengapa ayat Alquran diturunkan.

Para ulama memiliki pandangan yang beragam tentang ilmu ini. Ada ulama yang berpendapat bahwa dalam Alquran ada sejumlah ayat yang memang diturunkan karena suatu sebab permasalahan.

Misalnya, sahabat bertanya tentang suatu permasalahan kepada Nabi lalu turunlah ayat, dan juga ada yang isinya teguran dan sindiran pada orang-orang kafir.

Meskipun demikian para ulama sepakat bahwa tidak semua ayat Alquran ada Asbab an-Nuzul-nya.

Sebagian ulama berpandangan bahwa sebetulnya dalam Alquran tidak itu ilmu Asbab an-Nuzul.

Mereka berargumen bahwa Alquran sudah ada sejak dulu tersimpan di lauhul mahfuzh dan diturunkan dengan berangsur-angsur pada Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan malaikat Jibril.

Menurut mereka, ayat-ayat Alquran itu diturunkan tidak berdasarkan sebab musabab, tapi memang telah tertulis sebelumnya di langit.

Banyak sekali ulama yang menjelaskan persoalan Asbab an-Nuzul ini. Di antaranya;

  • Dr Subhi As-Salih kitabnya Mabahits fi Ulum Al-Qur'an,
  • Jalaluddin as-Suyuthi kitabnya Lubab an-Nuqul fi Asbab an-Nuzul dan Al-Itqan fi 'Ulum Al-Qur'an,
  • Manna' al Qattan kitabnya Al-Itqan fi 'Ulum Al-Qur'an
  • Syekh Mahmud Syalthut, Ibnu Hajar, dan Al-Wahidie.

Tidak bisa dilacak dengan pasti, kapan munculnya ilmu Asbab an-Nuzul ini. Perkiraannya istilah ini muncul di akhir abad ke 4 dan 5 Hijriyah. Seiring dengan munculnya pembahasan tafsir Alquran.

Orang pertama yang diperkirakan menghimpun dan membuat sistem keterangan dan data perihal Alquran dan lainnya adalah Ali bin Ahmad al-Wahidie (472 H/1035 M).

Kitabnya yang terkenal dalam bidang ini adalah Asbab an-Nuzul. Tokoh lainnya adalah Jalaluddin as-Suyuthi (911/1050), Ibrahim al-Ja'fari (732/1331), dan Ibn Hajar al-Asqalani (852/1448).

Salah satu argumen mengapa banyak ulama berpandangan bahwa sebagian ayat Alquran yang diturunkan karena ada penyebab tertentu yaitu;

Ketika Rasul SAW dakwah secara sembunyi-sembunyi, lalu Umar bin Khattab memberi usulan pada Rasul SAW untuk dakwah secara terbuka. Lalu Allah menurunkan surah Al-Muddatstsir (berselimut).

Hai orang-orang yang berselimut. Bangunlah, dan berilah peringatan. Dan tuhanmu Agungkanlah, dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa tinggalkanlah.” (QS [74]: 1-5).

Para ulama berbeda pendapat mengenai makna atau istilah yang dipakai. Definisi Asbab an-Nuzul menurut Subhi As-Salih.

Sesuatu yang dengan sebabnyalah turun suatu ayat atau beberapa ayat yang mengandung sebab itu, atau memberi jawaban tentang sebab tersebut, atau menerangkan hukumnya pada masa terjadinya peristiwa itu.”

Al-Wahidie mengingatkan pada semua orang untuk berhati-hati dalam menjelaskan masalah Asbab an-Nuzul atau riwayat mengapa turun ayat tersebut.

Tidak halal berpendapat mengenai Asbab an-Nuzul kitab kecuali dengan berdasarkan pada riwayat atau mendengar langsung dari orang-orang yang menyaksikan turunnya, mengetahui sebab-sebabnya, dan membahasnya tentang pengertiannya serta bersungguh-sungguh dalam mencarinya.”

Al-Wahidie berselisih faham dengan para ulama di zamannya atas kecerobohannya perihal Asbab an-Nuzul ini. Bahkan, ia menuduh banyak dari mereka yang berdusta dan mengingatkan akan ancaman Allah.

Sekarang setiap orang suka mengada-ada dan berbuat dusta; ia menempatkan kedudukannya dalam kebodohan tanpa memikirkan ancaman berat bagi orang yang tidak mengetahui sebab turunnya ayat,” tegas al-Wahidie dalam Mabahits fi 'Ulum Al-Qur'an karya Subhi As-Salih.



Baca juga
  » 15 Oktober 2018
Makruh Membaca Alquran dalam Empat Kondisi Ini
Mentadaburi Alquran sangatlah dianjurkan. Akan tetapi hukumnya menjadi makruh apabila dilakukan dalam empat kondisi ini.

  » 11 Oktober 2018
Waktu-waktu yang Paling Dianjurkan ketika Membaca Alquran | Alquran dan Terjemahan
Mentadaburi Alquran bisa kita lakukan kapan saja, akan tetapi menurut pandangan para ulama ada beberapa waktu khusus yang sebaiknya digunakan untuk membaca Alquran.

  » 10 Oktober 2018
Tafsir Alquran Surat At-Tin
Artikel kali ini akan membahas tafsir alquran Q.S At-Tiin 1-3. Dalam Surat ini ada hal-hal yang menarik untuk kita simak. | Penerbit Alquran

  » 9 Oktober 2018
Makna dan Kandungan Surat Al-Fatihah dalam Alquran
Kandungan pokok yang ada dalam surat al-fatihah diantaranya sebagai berikut.

  » 5 Oktober 2018
Tafsir Alquran Surat Ali Imran Ayat Pertama | Penerbit Alquran Tafsir
Alif lam mim dalam surat Ali Imran ayat pertama merupakan ayat mutsyabihat, lalu bagaimana sesunguhnya para ulama menafsirkan ayat ini? | Penerbit Alquran Tafsir

Others
Search
Search:
Product Scroller
Information
Pembayaran
BCA

No. Rekening BCA 2830344953

a.n. Hendra Setiawan


Testimonial
akhwat
Quran bagus,harga tidak mahal.recomended

dini noviyanti
[URL]
Saya sudah membeli beberapa jenis Al-Quran di Penerbit Jabal. Saya merasa puas karena kemasan dan isinya menarik, khususnya bagi saya sebagai muslimah.

» lihat testimonial
» isi testimonial
USD Calc
US$ x Rp. 11,500 =
Rp.