Penerbit Al Quran,Percetakan al Quran,al Quran terjemah,al Quran tanpa terjemah,Al Quran Perkata,Al Quran Tajwid,Al Quran untuk Wakaf
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
19 November 2018
Jangan Mengeluh di Hari Senin, Ini Keistimewaannya | Penerbit Alquran Jabal
Mengapa hari senin spesial? simak artikel ini | Penerbit Alquran Jabal detail

16 November 2018
Tafsir Surat Al-Kahf Menurut Sayyid Qutb | Alquran Tafsir Perkata
Membaca surat al-Kahf di hari Jumat memang sebuah keutamaan, namun perlu juga memahami isi dan kandungan tersebut melalui penafsiran Sayyid Qutb berikut. | Alquran Tafsir Perkata detail

15 November 2018
Promo Alquran Maulid Nabi
Dalam rangka Maulid Nabi, penerbit Alquran Jabal mengadakan promo menarik. detail

14 November 2018
Sebar Wakaf Alquran Jabal di Lombok
Video dokumentasi sebar wakaf Penebit Alquran Jabal detail

» index berita
Others
Others
Others

Asal Muasal Perbedaan Qiraat dalam Alquran


24 Oktober 2018

Kita akan temukan dalam berbagai literatur dan buku-buku tentang ilmu Qiraah serta Ulumul Quran, disana tertulis bahwa perkembangan ilmu Qiraah ini bermula dari hadis Nabi Saw yang menerangkan tentang Sab’atu Ahruf (tujuh huruf). | Penerbit Alquran

Dalam kitab hadis yang sudah mu’tabar seperti Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Abu Daud dan Sunan Tirmidzi, memuat hadis perihal tujuh huruf ini.

Berikut ini merupakan redaksi hadis yang diambil dari Sahih al-Bukhari Nomor Hadis 4992:

Dari Abdullah bin Syihab, ia pernah berkata: Urwah bin Zubair mengatakan padaku bahwasanya al-Miswar bin Makhramah serta sahabat Abdurrahman bin Abdul Qari berkata padanya bahwasanya mereka pernah mendengar sahabat Umar bin Khattab berkisah:

“Aku pernah mendengar bahwasanya Hisyam ibnu Hakim ibnu Hizam bisa membaca Alquran dengan dihafal, membaca surat al-Furqan di masa hidup Rasulullah saw.”

“Lalu aku pun mencuri dengar bacaannya. Maka saat kudengar Hisyam membacakan quran namun berbeda dengan yang dibacakan Rasul kepadaku, hampir aku menyeretnya saat ia sedang salat. Namun aku urungkan lalu menunggunya hingga salam.”

“Setelah Hisyam selesai salat, saya tarik selendang-nya sambil berkata kepadanya, ‘siapa yang membaca surat yang baru kamu baca?’”

“Hisyam lalu menjawab ‘Rasulullah-lah yang membacakannya’. Aku membalas ‘kamu bohong!’. Hisyam membalas sungguh Rasul membacakan kepadaku namun berbeda dengan apa yang kamu baca.

“Lalu aku pun membawanya untuk menghadap Rasulullah.”

“Setelah bertemu Rasul, aku pun berkata: Saya mendengar orang ini (Hisyam) membaca surat al-Furqan tapi ‘huruf’ yang dibacakan berbeda dengan apa yang engkau bacakan.”

Lalu Rasul bersabda: “Lepaskan ia, coba kamu baca wahai Hisyam.” Hisyam kemudian membaca sesuai dengan apa yang saya dengar.

Setelah selesai, Nabi kemudian bersabda: Seperti itulah surat tersebut diwahyukan. Kemudian Nabi berkata: “Coba engkau baca wahai Umar”. Kemudian aku membaca dengan apa yang diajarkan Rasul padaku.

“Setelah selesai, Nabi lalu bersabda: “begitulah surat tersebut diwahyukan. Sungguh Alquran ini diwahyukan menggunakan tujuh huruf (sab’atu ahruf), maka baca saja apa yang mudah bagimu.”

Hadis di atas sangat terkenal oleh jumhur ulama dan para pengkaji Alquran, terutama ketika membahas mengenai perbedaan qiraah dalam Alquran.

Lalu sebetulnya apa yang dimaksud dengan “sab’atu ahruf” dalam hadis Nabi di atas?

Para Ulama memiliki perbedaan pandangan mengenai hal ini. Menurut Ibnu Bathal dalam Syarh Shahih Bukhari, Ahruf disini bisa diartikan menjadi dua macam:

  • Pertama yaitu dialek yang bermacam-macam seperti Quraish, Thaif, Tamim dan lain lain.
  • Kedua yaitu Qiraat sebagaimana ilmu Qiraat yang berkembang sampai sekarang ini.

Adapun Ibnu Hajar al-Asqalani memiliki pandangan bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf yaitu tujuh wajah (sab’atu awjuh). Menurut Ibnu Hajar tujuh wajah ini bermacam-macam, tujuh wajah ini bisa berupa perbedaan antara imalah, mad, isymam dalam hukum ilmu tajwid, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, Imam Ibnu Hajar Al-Atsqlani menegaskan tujuan dari adanya perbedaan qiraah ini supaya memudahkan umat Muslim untuk membaca, mentadaburi, menghafal lalu mengamalkan Alquran.



Baca juga
  » 19 November 2018
Jangan Mengeluh di Hari Senin, Ini Keistimewaannya | Penerbit Alquran Jabal
Mengapa hari senin spesial? simak artikel ini | Penerbit Alquran Jabal

  » 16 November 2018
Tafsir Surat Al-Kahf Menurut Sayyid Qutb | Alquran Tafsir Perkata
Membaca surat al-Kahf di hari Jumat memang sebuah keutamaan, namun perlu juga memahami isi dan kandungan tersebut melalui penafsiran Sayyid Qutb berikut. | Alquran Tafsir Perkata

  » 15 November 2018
Promo Alquran Maulid Nabi
Dalam rangka Maulid Nabi, penerbit Alquran Jabal mengadakan promo menarik.

  » 14 November 2018
Sebar Wakaf Alquran Jabal di Lombok
Video dokumentasi sebar wakaf Penebit Alquran Jabal

  » 13 November 2018
Jual Alquran Hafalan Muslimah
Jual Alquran Hafalan Muslimah Penerbit Jabal

Others
Search
Search:
Product Scroller
Information
Pembayaran
BCA

No. Rekening BCA 2830344953

a.n. Hendra Setiawan


Testimonial
akhwat
Quran bagus,harga tidak mahal.recomended

dini noviyanti
[URL]
Saya sudah membeli beberapa jenis Al-Quran di Penerbit Jabal. Saya merasa puas karena kemasan dan isinya menarik, khususnya bagi saya sebagai muslimah.

» lihat testimonial
» isi testimonial
USD Calc
US$ x Rp. 11,500 =
Rp.