Penerbit Al Quran,Percetakan al Quran,al Quran terjemah,al Quran tanpa terjemah,Al Quran Perkata,Al Quran Tajwid,Al Quran untuk Wakaf
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
26 Maret 2019
Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Tafsir al-Qur’an?
Alasan mengapa sebaiknya seorang muslim memperlajari tafsir Al-Quran, minimal membacanya. detail

25 Maret 2019
Hukum Melupakan Hafalan Alquran Karena Lalai
Bagaimana hukumnya apabila melupakan ayat-ayat yang sudah hafal karena lalai? detail

21 Maret 2019
4 Kategori Contoh Syirik dalam Al-Quran
Apa saja 4 kategori syirik dalam Al-Quran? detail

20 Maret 2019
Al-Quran Wakaf Sampai di Palu
Alquran Wakaf Penerbit Jabal untuk Korban Bencana Palu Sudah Sampai Lokasi detail

» index berita
Others
Others
Others

Tuntunan Alquran bagi yang Hendak Menikah


26 Oktober 2018

Allah secara explisit berfirman bahwa Ia menciptakan makhluk berpasang-pasangan, tak terkecuali manusia, makhluk paling mulia ciptaan-Nya. | Penerbit Buku Islam Jabal

Dengan kata lain, memiliki pasangan adalah fitrah seluruh makhluk di muka bumi, hal ini untuk memastikan keturunan guna memerankan tugasnya sebagai khalifah.

Dorongan berpasangan sudah ada sejak kecil. Karena mendambakan pasangan adalah fitrah manusia bahkan sebelum menginjak dewasa, apalagi setelah dewasa maka dorongan pun akan sulit terbendung.

Karena itu, agama memberikan solusi berupa syariat yang dinamakan pernikahan, yakni pertalian antara pria dan wanita dalam ikatan yang suci.

Pernikahan adalah upaya dalam menghindari dorongan ke arah terlarang antara pria dan wanita. Dorongan tersebut nantinya bisa diarahkan dalam sebuah pertemuan sehingga terlaksana sebuah “perkawinan”. Beralihlah kegundahan pria dan wanita menjadi tentram dan sakinah yang tertulis dalam istilah Alquran Surat Ar-Rum (30) ayat 21. | Penerbit Buku Islam Jabal

Sakinah asal akar kata sakana yang artinya diam atau tenangnya sesuatu setelah bergejolak. Itulah mengapa pisau dinamai sikkin karena pisau adalah alat yang membuat binatang yang disembelih tidak bergerak atau tenang, setelah tadinya ia meronta-ronta.

Sakinah –karena pernikahan– yaitu ketenangan yang aktif dan dinamis, tidak seperti kematian binatang.

Alquran menekankan perlunya kesiapan fisik, mental, dan ekonomi bagi yang ingin menikah. Walaupun para wali diminta untuk tidak menjadikan kelemahan di bidang ekonomi sebagai alasan menolak peminang. | Penerbit Buku Islam Jabal

Kalau mereka (calon-calon menantu) kurang mapan, maka Allah akan menjadikan mereka mapan (berkecukupan) karena Anugerah-Nya.” (QS An-Nur [24]: 31)

Yang kemampuan ekonominya sangat kurang dianjurkan untuk menahan diri dan memelihara kesuciannya.

Hendaklah mereka yang belum mampu (kawin) menahan diri, hingga Allah menganugerahkan mereka kemampuan.” (QS An-Nur [24]: 33)

Namun perlu juga diperhatikan meski Alquran menegaskan bahwa berpasangan atau menikah adalah ketetapan Ilahi bagi makhluk-Nya, dan Rasul menegaskan bahwa “nikah adalah sunnahnya”, tapi saat yang sama Alquran dan Sunnah menetapkan aturan-aturan yang harus ditaati. | Penerbit Buku Islam Jabal

Pada masyarakat zaman jahiliyyah ditemukan praktik-praktik yang amat berbahaya serta melanggar nilai-nilai kemanusiaan, seperti misalnya mewarisi istri mendiang ayah atau ibu tiri. (QS Al-Nisa’ [4]: 19)

Bahkan dalam tulisan Al-Qurthubi ketika larangan menikahi ibu tiri turun, masih banyak yang mengawini atas dasar suka sama suka sampai akhirnya turunlah surat Al-Nisa’ [4]: 22 yang secara tegas menyatakan.

Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita yang telah dinikahi oleh ayahmu tetapi apa yang telah lalu (dimaafkan oleh Allah).” | Penerbit Buku Islam Jabal

Imam Bukhari menyampaikan, sesungguhnya Aisyah istri Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, radhiyallahu ‘anha, berkata bahwa pada masa jahiliah ada empat macam pernikahan.

Pertama, pernikahan normal, sebagaimana berlaku sampai saat ini, dimulai dengan pinangan kepada orang tua atau wali, membayar mahar dan menikah.

Kedua, seorang suami memerintahkan pada istrinya apabila telah suci dari haid untuk menikah (berhubungan seks) dengan seseorang laki-laki, dan jika ia hamil, maka ia kembali ke suaminya; ini dilakukan supaya keturunannya baik.

Ketiga, sekelompok lelaki (kurang dari 10 orang), mereka menggauli seorang wanita, dan jika ia hamil lalu melahirkan, ia memanggil seluruh lelaki tersebut kemudian menunjuk satu lelaki yang dikehendakinya untuk ditunjuk sebagai ayah anak itu, dan lelaki tersebut tidak boleh mengelak. | Penerbit Buku Islam Jabal

Keempat, hubungan seks yang diperbuat wanita tunasusila, yang memasang bendera atau tanda di pintu-pintu kediaman mereka dan “bercampur” dengan siapa pun yang suka kepadanya.

Akan tetapi pada akhirnya Islam turun dan melarang cara-cara pernikahan tersebut kecuali yang pertama.



Baca juga
  » 26 Maret 2019
Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Tafsir al-Qur’an?
Alasan mengapa sebaiknya seorang muslim memperlajari tafsir Al-Quran, minimal membacanya.

  » 25 Maret 2019
Hukum Melupakan Hafalan Alquran Karena Lalai
Bagaimana hukumnya apabila melupakan ayat-ayat yang sudah hafal karena lalai?

  » 21 Maret 2019
4 Kategori Contoh Syirik dalam Al-Quran
Apa saja 4 kategori syirik dalam Al-Quran?

  » 20 Maret 2019
Al-Quran Wakaf Sampai di Palu
Alquran Wakaf Penerbit Jabal untuk Korban Bencana Palu Sudah Sampai Lokasi

  » 14 Maret 2019
Empat Tanda Orang yang Beruntung
Tips supaya menjadi mukmin yang beruntung

Others
Search
Search:
Product Scroller
Information
Pembayaran
BCA

No. Rekening BCA 2830344953

a.n. Hendra Setiawan


Testimonial
akhwat
Quran bagus,harga tidak mahal.recomended

dini noviyanti
[URL]
Saya sudah membeli beberapa jenis Al-Quran di Penerbit Jabal. Saya merasa puas karena kemasan dan isinya menarik, khususnya bagi saya sebagai muslimah.

» lihat testimonial
» isi testimonial
USD Calc
US$ x Rp. 11,500 =
Rp.