Penerbit Al Quran,Percetakan al Quran,al Quran terjemah,al Quran tanpa terjemah,Al Quran Perkata,Al Quran Tajwid,Al Quran untuk Wakaf
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
26 Maret 2019
Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Tafsir al-Qur’an?
Alasan mengapa sebaiknya seorang muslim memperlajari tafsir Al-Quran, minimal membacanya. detail

25 Maret 2019
Hukum Melupakan Hafalan Alquran Karena Lalai
Bagaimana hukumnya apabila melupakan ayat-ayat yang sudah hafal karena lalai? detail

21 Maret 2019
4 Kategori Contoh Syirik dalam Al-Quran
Apa saja 4 kategori syirik dalam Al-Quran? detail

20 Maret 2019
Al-Quran Wakaf Sampai di Palu
Alquran Wakaf Penerbit Jabal untuk Korban Bencana Palu Sudah Sampai Lokasi detail

» index berita
Others
Others
Others

Mengenang Hebatnya Kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab | Penerbit Alquran


24 Desember 2018

Tahun 2019 mendatang menjadi tahun politik yang akan selalu menarik untuk diperbincangkan. Sebelum pemilihan berlangsung, para calon pemimpin sudah niscaya melaksanakan kampanye dan menjelaskan banyak sekali acara yang akan dicanangkannya demi terpilih oleh para rakyat. Berbicara terkait kepemimpinan, tak ada salahnya jikalau kita berkaca pada kepemimpinan salah satu khalifah terbesar yang pernah dimiliki oleh umat Islam dan mempunyai julukan Amirul Mu`miniin atau pemimpin orang-orang yang beriman.

Siapakah beliau? Tak lain dan tak bukan ialah Umar bin Khattab. Pasca meninggalnya khalifah Abu Bakar, Umar bin Khattab yang telah ditunjuk oleh Abu Bakar sebagai penggantinya pun menjadi khalifah kedua bagi para umat Islam. Dalam masa pemerintahan Umar bin Khattab, Islam pun berhasil berkembang dengan sangat pesat. Islam berhasil merebut sebagian wilayah Persia, Mesir, Palestina, Suriah, dan lainnya. Bahkan dalam kepemimpinan Umar, pasukan Islam juga bisa menaklukan pasukan Romawi yang populer sangat kejam dan ditakuti.

Dengan demikian, Umar bin Khattab menjadi salah satu sobat Rasulullah SAW yang sangat disegani dan ditakuti oleh kaum musryikin. Beliau juga dikenal sebagai pemimpin yang tegas, tak segan menghukum rakyat yang melanggar peraturan dan menjalankan roda pemerintahan menurut Quran dan hadist. Meskipun begitu, bantu-membantu Umar bin Khattab merupakan sosok yang sangat sederhana, adil dan begitu ramah kepada rakyatnya. Bahkan Umar bin Khattab juga tak segan-segan untuk turut mencicipi penderitaan yang diderita oleh rakyatnya.

Pernah suatu ketika Madinah dilanda oleh animo paceklik yang berkepanjangan. Akibatnya, dikala itu banyak rakyat Madinah yang meninggal balasan kelaparan. Melihat hal tersebut, Umar bin Khattab pun merasa duka dan terus membantu rakyatnya dengan menawarkan sebagian besar hartanya. Bahkan, Umar pun enggan memakan daging dan meminum susu hingga cobaan tersebut berlalu. Umar bin Khattab justru hanya mengkonsumsi roti dan minyak zaitun saja semoga dia bisa memahami bagaimana penderitaan yang dialami oleh rakyatnya yang kelaparan.

Di lain kesempatan, Umar bin Khattab pun gemar melaksanakan blusukan berkeliling kota untuk melihat kondisi rakyatnya secara sembunyi-sembunyi. Umar melaksanakan acara tersebut di malam hari dan dikala itu ia mendengar tangisan seorang balita balasan kelaparan dalam sebuah gubuk kumuh. Rupanya balita tersebut ialah anak dari seorang janda yang tak mempunyai kuliner apapun dan janda tersebut berpura-pura memasak kerikil semoga sang anak berhenti menangis. Umar pun mendengar keluhan sang janda bahwa kondisinya demikian sebab Khalifah Umar tak memperhatikan kondisi rakyatnya.

Bukannya murka terhadap ucapan sang janda, Umar bin Khattab justru merasa sangat bersalah. Sedangkan sang janda tak menyadari bahwa orang yang ada di hadapannya ialah Khalifah Umar. Umar pun segera pulang dan mengambil sekantung gandum yang berat. Umar bahkan memikul sendiri gandum tersebut kembali ke kawasan janda tersebut meskipun ia harus berjalan jauh dan kelelahan. Umar sangat menyadari bahwa sebagai pemimpin ia harus bertanggung jawab atas kondisi rakyatnya.

Di sisi lain, Umar bin Khattab pun berpenampilan sangat sederhana dan bersahaja. Meskipun Umar berhasil memimpin pasukan Islam menaklukkan kerajaan-kerajaan besar mirip Persia dan Romawi, namun Umar tak hidup bergelimang harta mirip halnya pemimpin-pemimpin lain pada umumnya. Beliau juga tidak mempunyai istana, tidak menerima pengawalan khusus dari para pasukan, dan tidak menggunakan pakaian sebagus raja-raja Persia ataupun Romawi.

Terlebih, Umar sangat gemar mengenakan pakaian lusuh mirip rakyat biasa dan menggunakan sorban di kepala. Hal tersebut pun sempat menciptakan prajurit Romawi terkejut dan takjub dikala bertemu dengan Umar. Para prajurit Romawi terkejut sebab sang pemimpin Islam justru hidup dengan sangat sederhana dan tanpa ada pengawalan dikala ditemui. Kesederhanaan dan kerendah-hatian Umar bin Khattab bahkan sempat menciptakan hati seorang panglima Persia hingga terketuk untuk memeluk agama Islam.

Penerbit quran, penerbit alquran, penerbit jabal, percetakan alquran, cetak alquran, penerbit alquran bandung, percetakan alquran bandung, penerbit al quran, penerbit jabal, percetakan quran bandung, penerbit al quran, alquran murah bandung, alquran custom bandung, penerbit quran terbaik.



Baca juga
  » 26 Maret 2019
Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Tafsir al-Qur’an?
Alasan mengapa sebaiknya seorang muslim memperlajari tafsir Al-Quran, minimal membacanya.

  » 25 Maret 2019
Hukum Melupakan Hafalan Alquran Karena Lalai
Bagaimana hukumnya apabila melupakan ayat-ayat yang sudah hafal karena lalai?

  » 21 Maret 2019
4 Kategori Contoh Syirik dalam Al-Quran
Apa saja 4 kategori syirik dalam Al-Quran?

  » 20 Maret 2019
Al-Quran Wakaf Sampai di Palu
Alquran Wakaf Penerbit Jabal untuk Korban Bencana Palu Sudah Sampai Lokasi

  » 14 Maret 2019
Empat Tanda Orang yang Beruntung
Tips supaya menjadi mukmin yang beruntung

Others
Search
Search:
Product Scroller
Information
Pembayaran
BCA

No. Rekening BCA 2830344953

a.n. Hendra Setiawan


Testimonial
akhwat
Quran bagus,harga tidak mahal.recomended

dini noviyanti
[URL]
Saya sudah membeli beberapa jenis Al-Quran di Penerbit Jabal. Saya merasa puas karena kemasan dan isinya menarik, khususnya bagi saya sebagai muslimah.

» lihat testimonial
» isi testimonial
USD Calc
US$ x Rp. 11,500 =
Rp.