Adakah Doa Khatam Al Quran? Simak Penjelasannya – Penerbitjabal.com

Penerbitalquran.com – Adakah doa setelah khatam Al Quran? Sejatinya, Rasulullah SAW tidak pernah mengajarkan ataupun memberi contoh doa khusus setelah mengkhatamkan Al Qur’an. Tentunya, hal tersebut dibuktikan dengan tidak ada satu pun hadits dari Rasulullah mengenai hal ini.

Di samping itu, hanya ada riwayat dari annas r.a secara marfu (sabda Rasulullah SAW) dan mauquf (perkataan sahabat), serta juga ada riwayat dari Ibnu abbas radhiyallahu anhu.

[ Baca Juga : Penerbit Al Quran ]

Riwayat Tentang Doa Khatam Al Quran

Tidak Ada Riwayat Tentang Doa Khatam Al Quran Yang Shahih

Namun, sudah menjadi kebiasaan bagi kaum muslimin di Indonesia bahwa ketika selesai mengkhatamkan Al Qur’an, terutama di bulan Ramadhan, selalu membaca doa. Doa yang dimaksud adalah sebagai berikut;      

“Allahummarhamni bilqur’an. Waj’alhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ’allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.”

Artinya: “Ya Allah, sayangilah aku dengan sebab Al Qur’an serta jadikanlah Al Qur’an untukku sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku akan ayat-ayat Al Qur’an yang aku lupa, ajarilah aku tentang isi Al Qur’an yang tidak aku ketahui dan berilah aku nikmat bisa membacanya di waktu malam. Jadikanlah Al Qur’an sebagai pembelaku, Ya Tuhan Semesta Alam.”

[ Rekomendasi : Penerbit Alquran ]

Menurut syaikh bakr abu zaid, hadits yang meriwayatkan doa di atas dibawakan oleh Daud bin Qois dan termasuk dalam hadits mu’dhal. Yang dimaksud dengan hadits mu’dhal adalah hadits yang lemah karena sanadnya terputus, yakni ada dua perowi yang terputus secara berturut-turut.

Beliau juga menjelaskan bahwa tidak sedikit riwayat yang membicarakan doa khatam Al Quran, namun tidak ada satupun yang shahih. Dengan demikian, beliau menyimpulkan bahwa tidak ada hadits yang shahih yang membicarakan adanya doa khusus setelah khatam Al Qur’an.

Namun, jika ingin berdoa setelah khatam Al Quran, hendaknya mengacu pada apa yang telah dipraktekkan oleh Anas bin Malik yakni dengan mengumpulkan keluarga lalu mendoakan kebaikan bagi mereka.

Adapun doa yang dipanjatkan adalah doa yang bersifat umum, dalam artian tidak mengkhususkan doa tertentu. Wallahu ‘alam. Demikianlah ulasan singkat tentang adakah doa setelah khatam Al Quran.

Penerbit Al Quran Custom – Hubungi Kami 0878 2408 6365

Melayani Pemesanan Al Quran Custom Sesuai Keinginan – Penerbit Al Quran

Penerbit alquran alias penerbit jabal merupakan spesialis mencetak alquran custom berkualitas serta berpengalaman sejak tahun 2004. Tentunya kami menyediakan beragam pilihan alquran, baik itu alquran ukuran sedang maupun alquran ukuran besar. Terlebih lagi, kami juga didukung oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Sehingga, penerbitalquran.com mampu memproduksi hingga ribuan eksemplar dalam sehari. // Doa Khatam Al Quran

Bagi Anda yang ingin menghubungi admin kami, silahkan WA/Telpon admin 0878 2408 6365. Kesimpulannya, kami melayani pemesanan berbagai macam alquran custom dan membantu Anda dalam menyediakan untuk kebutuhan wakaf, kantor, branding, promosi, acara perusahaan, institusi, organisasi, komunitas dan lainnya. // Doa Khatam Al Quran

Baca Artikel Lainnya :

Chat Admin
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
Ada yang bisa kami bantu?

Dapatkan potongan Diskon jika mendaftar menjadi Agen, Reseller & Dropshipper..