Mengapa Kita Harus Membaca Al Quran ? Ini Alasannya!

PENERBITALQURA.COM, Mengapa Kita Harus Membaca Al Quran ? Ini Alasannya!

Sahabat Jabal, Al-Qur’an Al-Karim adalah kalamullah, kitab suci yang agung, mukjizat terbesar yang Allah turunkan kepada nabi Muhammad SAW guna mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya, sebagai syifa atau penyembuh jiwa, juga petunjuk dan rahmat.

Dengan membaca Al Quran, maka akan mampu menjadi penuntun untuk seorang umat muslim ke jalan kebenaran, kebaikan dan keselamatan. Sebagai pedoman hidup umat islam, Al-Qur’an merupakan sebuah tuntunan umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Apabila seseorang mampu dengan ikhlas, rutin dan mengamalkan isi kandungan dari Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari maka akan mendapatkan banyak manfaat dan keberkahan. /// 3 Alasan Utama Harus Membaca Al Quran

[ Lihat Juga Rekomendasi : Penerbit Alquran ]

3 Alasan Utama Harus Membaca Al Quran

Al-Qur’an adalah kitab suci yang diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat dan petunjuk bagi umat manusia yang beriman dan bertakwa, yang dapat menjadi sarana ibadah dengan cara membacanya dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika kita membaca Al Quran, seakan-akan kita bercakap-cakap dengan Allah SWT. Al-Qur’an menghidupkan dan memberi kehidupan. Kita juga perlu mengenal Allah, kita perlu mengenal tuntunan-Nya, dan kita perlu mencintai-Nya. /// 3 Alasan Utama Harus Membaca Al Quran

Berikut 3 alasan utama mengapa kita harus membaca Al Quran.

1. Al Quran untuk Kita dan Tentang Kita

Allah Subhanahu wa Taala berfirman:

Sungguh, telah Kami turunkan kepadamu sebuah Kitab (Al-Quran) yang di dalamnya terdapat peringatan bagimu. Maka apakah kamu tidak mengerti? (QS Al-Anbiya, 21: 10)

Al-Qur’an memberi kita pengetahuan tentang:

  • Allah
  • Hari Pembalasan,
  • Surga dan Neraka,
  • Kisah para nabi dan bangsa mereka,
  • Peristiwa penting dari kehidupan Nabi Muhammad ,
  • Memberi kita hukum (atau aturan) penting untuk menjalani kehidupan yang layak yang diridhai Allah,
  • Menjelaskan kepada kita tata krama yang baik yang harus dimiliki seseorang terhadap Allah dan manusia
  • Menjelaskan cara beribadah kepada Allah (syariat).

Al-Qur’an adalah Peta Jalan yang menunjukkan kepada kita bagaimana menuju ke Surga di kehidupan abadi, Akhirat. /// 3 Alasan Utama Harus Membaca Al Quran

[ Artikel Terkait : Manfaat Membaca Al Quran Setiap Hari ]

2. Al Quran adalah Hadiah Abadi dan Bimbingan dari Allah

Allah Subhanahu wa Taala berfirman:

Sungguh, Al-Quran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar (QS Al-Isra, 17: 9)

Dan Kami turunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu untuk menjelaskan segala sesuatu, sebagai petunjuk, serta rahmat dan kabar gembira bagi orang yang berserah diri (Muslim) (QS An-Nahl, 16: 89)

Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Quran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman. (QS Yunus, 10: 57)

3. Al Quran adalah Sarana untuk Berkomunikasi dengan Allah

Rasulullah bersabda bahwa Allah telah berfirman:

“Aku telah membagi doa antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua bagian, dan hamba-Ku akan mendapatkan apa yang dia minta.

Ketika seorang hamba berkata: Alhamdulillahirobbil Alaamiin

Allah berfirman: Hamba-Ku memuji-Ku.

Dan ketika dia berkata: Ar-Rahmaanir Rahiim

Allah berfirman: Hamba-Ku telah memuji-Ku,

Dan ketika dia berkata: Maaliki Yaumid Diin

Allah berfirman: Hamba-Ku telah memuliakan-Ku – dan pada satu kesempatan Allah berfirman: Hamba-Ku telah tunduk kepada Kekuasaan-Ku.

Dan ketika dia berkata: Iyyaka Na’budu wa Iyyaka Nastaaiin

Allah berkata: Ini adalah antara Aku dan hamba-Ku, dan hamba-Ku akan mendapatkan apa yang dia minta.

Dan ketika dia berkata: Ihdinasshiraatal Mustaqiim, Shiraatalladziina An’amta alaihim Ghairil Maghdhuubi alaihim wa ladh Dhoolliin

Allah berkata: Ini untuk hamba-Ku, dan hamba-Ku akan mendapatkan apa yang dia minta.” (Hadits Qudsi riwayat Muslim, Abu Dawuud, Tirmidhi, an-Nasai dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah)

Ketiga alasan di atas sudah cukup kuat bagi akal dan hati kita untuk senantiasa rindu membaca dan mempelajari Al-Qur’an. /// 3 Alasan Utama Harus Membaca Al Quran

[ Baca Ini Juga : Membeli Al Quran Untuk DIberikan Ke Masjid, Apakah Dapat Pahala? ]

Luangkan Waktumu Untuk Membaca Al Quran

Sahabat Jabal, Jangan karena kesibukan dan banyaknya kegiatan menjadikan kita lupa untuk membaca dan mentadaburi Al-Qur’an. Sesungguhnya ketenangan dan ketentraman dapat diperoleh dari Al-Qur’an. Jangan sampai waktu kita tidak ada sedikitpun untuk membaca atau membaca Al Quran. Berusahalah, walaupun sedikit waktu tersisa.

Jika kamu ingin berbicara kepada Allah maka shalatlah, dan jika ingin Allah berbicara padamu maka bacalah Al-Quran. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim 804)

Janji Allah, bahwa siapapun yang belajar, meluangkan waktu dan hidupnya untuk Al-Quran, maka Allah akan menjadikannya orang yang spesial di sisi Allah. Allah jadikan Al-Qur’an sebagai kunci sukses kehidupan manusia, baik di dunia maupun di akhirat. Tak perlu risau akan kekurangan, kelelahan dan kesedihan yang menimpa. Selama kita menjadikan Al-Qur’an sebagai pegangan.

Allah senantiasa menurunkan berlipat ganda pahala bagi siapa saja yang membaca Al Quran, bahkan meski tak memahaminya sama sekali. Membaca adalah bagian dari kunci kebahagiaan, pintu-pintu ilmu yang bermanfaat kunci untuk menghidupkan hati-hati ummat manusia. /// 3 Alasan Utama Harus Membaca Al Quran

Kemudahan Belajar Membaca Al Quran

Dari ‘Aisyah ra., Rasulullah SAW bersabda: ”orang yang ahli dalam Al-Qur’an akan bersama dengan para malaikat pencatat mulia lagi benar. Dan orang yang terbata-bata membaca Al-Qur’an dan dia bersusah payah (untuk mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’I dan Ibnu Majah)

Keutamaan hadits ini hendaknya dapat memotivasi kita untuk belajar membaca Al Quran. Karena tidak sedikit umat muslim yang belum bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar sesuai yang telah dicontohkan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya.

Banyak dari kita yang merasa cukup dengan kemampuan membaca Al Quran yang sudah dimiliki, dan apakah kita pernah memeriksakan bacaan Al Quran kita kepada ustadz atau syeikh yang sudah ahli dalam membaca Al Quran ?

Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqaroh, bahwasannya Al-Qur’an adalah sebuah petunjuk bagi seluruh manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini untuk dapat sampai pada tujuan ke akhirat dengan selamat. Lantas, bagaimana kita bisa mengambil petunjuk dalam Al Quran, jika membaca nya saja kita tidak bisa. /// 3 Alasan Utama Harus Membaca Al Quran

Belajar membaca Al Quran bukanlah sesuatu yang sulit, Karena Allah SWT telah menjamin kemudahan belajar Al Quran sesuai firman Nya:

Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu (Muhammad) agar engkau menjadi susah.“ (QS Taha : Ayat 2)

[ Lihat Juga Rekomendasi : Penerbit Alquran ]

Rekomendasi Al-Qur’an Terbitan Penerbit Jabal

Seperi yang sudah kita ketahui ya Sahabat Jabal, Penerbit Jabal adalah perusahaan penerbitan alquran dan buku islam yang telah berdiri sejak tahun 2004. Beralamatkan di Jalan Desa Cipadung No.47 Cibiru Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia. Dengan pengalaman yang dimiliki, Penerbit Jabal telah mencetak lebih dari dua juta eksemplar Al-Qur’an.

Penerbit Jabal menyediakan berbagai varian Mushaf Al-Qur’an, misalnya Al Quran Tajwid, Al Quran Terjemahan, Al Quran non Terjemah, Al Quran Tafsir Per Kata, Al Quran Hafalan, Al Quran Wanita dan masih banyak lagi. Selain itu, sahabat jabal juga tidak perlu hawatir dengan ukuran Mushaf Al-Qur;an yang tersedia, Penerbit Jabal menyediakan ukuran kecil, sedang dan besar.

Jika sahabat tertarik dengan produk Mushaf Al-Qur’an dan Buku Islam terbitan Penerbit Jabal, silahkan hubungi admin kami melalui kontak yang tersedia di website ini. Dapatkan harga terbaik jika pesan hari ini! /// 3 Alasan Utama Harus Membaca Al Quran

Informasi dan Pemesanan :
No. WhatsApp 1: 0878 2408 6365
No. WhatsApp 2 : 0853 1512 9995
Alamat : Jl. Desa Cipadung No 47 Cibiru Bandung Jawa Barat, Indonesia

Baca Artikel Lainnya :

penerbit alquran custom
Link Populer

Blog

Katalog

Reseller

Kontak

Penerbit Jabal

Jl. Desa Cipadung No.47, RT.3/RW.4, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Chat Admin
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
Hai, ada pertanyaan seputar Al Quran custom? Chat di sini yaa..