5 Langkah Tips Memilih Al-Qur’an | Penerbit Alquran Terpercaya

Sebelum Membeli Alquran Perhatikan Lima Langkah Ini | Penerbit Alquran Terpercaya

Jika setiap hari kita bisa membaca Alquran maka tentu diupayakan agar membacanya minimal satu juz per-hari.

Nah, agar target membaca minimal satu juz itu tercapai, salah satu hal yang cukup urgent untuk kita perhatikan adalah memilih al-Qur’an yang bersahabat dan enak ketika dibaca oleh mata.

Apalagi kalau mata kita mudah lelah, rasanya wajib dan kudu untuk memilih alQuran yang enak ketika dibaca.

Lalu mushaf alquran seperti apa yang sebaiknya kita pilih? dan bisa menjadi sahabat setia? Yang bikin betah memandang Alquran dengan penuh cinta?

Berikut lima langkah yang dilakukan sebelum membeli Alquran. | Penerbit Alquran

1. Pastikan Penerbit Alquran Terpercaya Berizin Resmi dari Kementrian Agama

Langkah pertama yang harus kita pastikan sebelum membeli mushaf Alquran yaitu mengecek penerbit atau percetakan alquran tersebut, apakah sudah punya izin resmi dari Departemen Agama atau Lembaga Keagamaan untuk urusan penerbit Alquran.

Jika terbitan Indonesia, cara memastikannya dengan memeriksa tanda izin resmi dari Kemenag RI yang sudah ditandatangani Menteri Agama, hal ini kita lakukan agar yakin bahwa Alquran yang akan dibeli sudah dicek oleh kementerian. Kita bisa lihat tandanya di halaman pertama atau terakhir mushaf.

2. Perhatikan Jenis Kertas yang Digunakan

Jenis kertas Salah satu hal yang krusial terhadap kenyamanan membaca Alquran yaitu jenis kertas yang digunakan. Sekurang-kurangnya ada tiga macam kertas yang biasanya dipakai untuk mencetak mushaf Alquran, yaitu:

  • Kertas Buram
  • Kertas HVS Putih
  • Paper Premium (kuning luxs)

Dari ketiga jenis kertas diatas saya merekomendasikan untuk memilih jenis paper premium/kuning luxs. Pasalnya jenis kertas tersebut dapat menyerap serta memantulkan cahaya dengan proporsional, yang akibatnya tidak terlalu gelap dan tidak terlalu silau untuk mata, pas.

Namun jika sulit menemukan Alquran dengan kertas kuning luks, maka jenis kertas HVS bisa menjadi pilihan kedua. Saya sangat tidak menganjurkan memilih Alquran yang menggunakan kertas buram karena ketika dibaca nanti akan membuat mata lelah dengan cepat.

3. Pilih Penerbit Alquran Terpercaya yang Huruf dan Lay Out Enak Terlihat

Saya merekomendasikan memilih Alquran yang jenis hurufnya enak dibaca sehingga akan membantu dari segi kecepatan dan ketepatannya.

Sebisa mungkin hindari membeli Alquran yang segelnya tidak boleh dibuka, kalaupun terpaksa maka pilih alquran dari penerbit yang sudah terpercaya.

4. Penerbit Alquran Terpercaya Biasanya Memiliki Jilid yang Kuat

Alquran adalah Kalam Allah sehingga apabila satu huruf terlewat saja bisa berubah artinya. Kita sebagai ummat muslim diperintahkan untuk teliti ketika membaca dan mentadaburi Alquran supaya arti dan maknanya tidak berubah. Nah, Disini pentingnya memilih Alquran yang memiliki jilid yang kuat supaya mengurangi kemungkinan adanya halaman yang lepas atau sobek.

5. Pilihlah Alquran yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tips terakhir, dalam memilih AlQuran sebaiknya menyesuaikan juga dengan kebutuhan kita.

Penerbit Alquran Terpercaya Jabal memiliki beragam jenis mushaf yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Silahkan hubungi kami di WA 0878 2408 6365

Jl. Desa Cipadung No.47 Cibiru Bandung 40614

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?

Dapatkan potongan Diskon jika mendaftar menjadi Agen, Reseller & Dropshipper..