Memilih Sirkel Pertemanan Yang Baik Dalam Islam

PENERBITALQURAN.COM, Memilih Sirkel Pertemanan Yang Baik Dalam Islam – Sahabat, seringkali kita mendengar kata “sirkel”, tahukah arti dan makna dari kata tersebut? Sirkel berasal dari kata dalam Bahasa Inggris circle yang secara bahasa artinya lingkaran.

Lihat Rekomendasi : Penerbit Alquran

Memilih Sirkel Pertemanan Yang Baik Dalam Islam

Lingkaran yang dimaksud dalam konteks ini adalah lingkaran atau kelompok pertemanan atau pergaulan. Lantas, apakah lingkaran pertemanan tersebut akan berpengaruh terhadap kehidupan kita?

Diriwayatkan dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang jelek bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikanmu; engkau bisa membeli (minyak wangi) darinya atau minimal engkau mendapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari)

Hadits di atas menyebutkan bahwa teman yang baik (shalih) maupun teman-teman yang jelek keduanya sama-sama memiliki pengaruh terhadap kehidupan kita. Setiap orang sedikit banyak dipengaruhi oleh sirkel pertemanannya karena seringnya berkumpul atau aktivitas bersama.

Baca Juga : Sebar Wakaf Quran Sumatera Menuju Tapak Tuan

Sirkel pertemanan baik pada lingkungan kerja, pendidikan, komunitas dan sebagainya dapat berdampak pada individu baik dari cara pandang, selera, perubahan tingkah laku dan gaya hidup (Pratiwi, 2020).

Hal tersebut selaras dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Nah, jadi pada dasarnya menjalin sebuah pertemanan merupakan sesuatu yang baik. Meninggalkan atau memutuskan tali pertemanan secara tiba-tiba merupakan hal yang tidak mudah, bahkan dapat mendatangkan mudharat, dan berujung pada permusuhan. Alih-alih memutuskan atau keluar dari sirkel pertemanan yang selama ini sudah terjalin, kita memiliki sebuah pilihan, yakni memasukkan orang-orang yang lebih baik ke dalam sirkel pertemanan kita. // Memilih Sirkel Pertemanan Yang Baik Dalam Islam

Baca Juga : Sejarah Pesantren Di Indonesia

Tertarik untuk memesanan alquran custom di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.penerbitalquran.com. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda kepada admin kami.

Baca Artikel Lainnya :

Chat Admin
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
Hai, ada pertanyaan seputar Al Quran custom? Chat di sini yaa..