Perbuatan Ganjaran Pahala Jariyah, Salah Satunya Wakaf Al-Quran!

PENERBITJABAL.COM, Perbuatan Ganjaran Pahala Jariyah, Salah Satunya Wakaf Al-Quran!

Amal jariyah merupakan salah satu amalan atau perbuatan yang dapat membuahkan pahala yang terus mengalir tanpa terputus baik itu di dunia maupun akhirat. Tentunya, amalan ini merupakan amalan-amalan baik yang kita lakukan dengan atau tanpa sengaja hanya untuk mendapatkan meraih ridha dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Prooduk Best Seller : Buku Sirah Nabawiyah

Orang-orang akan dijamin pahalanya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala jika mereka mau beramal baik. Bahkan setiap amalan yang ia perbuat, sekalipun itu hal kecil bisa jadi penolong mereka di dunia maupun akhirat. Seperti yang diungkapkan dalam salah satu hadits yang sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat. // Perbuatan Ganjaran Pahala Jariyah

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim)

Melalui hadits tersebut kita bisa tahu bahwasannya dari berbagai amalan yang kita lakukan, beberapa di antaranya merupakan amal yang akan senantiasa bermanfaat meskipun kita sudah meninggal dunia.

Baca Juga : Amalan Ini Dapat Mengusir Kecemasan

Perbuatan Dengan Ganjaran Pahala Jariyah

Lantas, apa saja sih yang termasuk dalam amal jariyah? Simak hadits berikut :

“Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebarluaskannya, anak soleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibina, rumah yang dibina untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya“ (HR. Ibnu Majah)

Dalam hadits ini, ada beberapa cakupan amalan yang bisa menghasilkan pahala jariyah atau pahala yang terus mengalir lebih banyak hingga ke akhirat kelak. Salah satunya perbuatan yang kita lakukan yang dimana manfaatnya akan terus dirasakan oleh orang banyak meskipun orang tersebut sudah meninggal.

Dalam kata lain, meskipun seseorang itu sudah wafat, tetapi orang akan tetap merasakan manfaat dari perbuatan orang tersebut, sehingga sampai kiamat pun orang itu tetap akan mendapatkan pahala tambahan meskipun ia sudah terbaring di alam kubur. // Perbuatan Ganjaran Pahala Jariyah

Nah, berikut ini merupakan beberapa contoh perbuatan yang bisa mengalirkan pahala jariyah untuk kita kelak. Yuk, coba diamalkan :

  1. Ilmu yang disebar luaskan
  2. Doa seorang anak saleh dan shalihah
  3. Sedekah harta
  4. Wakaf Al-Quran
  5. Wakaf pembangunan seperti : Masjid, pesantren atau bangunan lainnya yang bermanfaat
  6. Mengalirkan sungai
  7. Membangun Rumah sakit
  8. Mendirikan sekolah atau lembaga pendidikan lainnya
  9. Menanam pohon atau tumbuhan lain yang manfaatnya bisa digunakan oleh banyak orang
  10. Menyediakan jalan untuk banyak orang

Lihat Rekomendasi : Penerbit Alquran

Tertarik untuk memesanan alquran custom di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.penerbitalquran.com. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda kepada admin kami.

Baca Artikel Lainnya :

Chat Admin
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
Hai, ada pertanyaan seputar Al Quran custom? Chat di sini yaa..